Selasa, 08 Juli 2014

Sulawesi Tengah (Budaya, Ciri Khas dan Makanan)



Artikel kali ini saya akan menceritakan tentang budaya, makanan khas dan juga ciri khas daerah asal saya yaitu Sulawesi Tengah. Ibu Kota Sulawesi Tengah adalah Palu (Kota Palu).
Kota Palu terletak di Negara Republik Indonesia dan berada di Pulau Sulawesi atau lebih tepatnya Sulawesi Tengah. Kota Palu memiliki 10 kabupaten. Kabupaten-kabupaten yang ada di Kota Palu, yaitu :
  1. Kabupaten Banggai (Ibu Kota Luwuk)
  2. Kabupaten Banggai Kepulauan (Ibu Kota Banggai)
  3. Kabupaten Buol (Ibu Kota Buol)
  4. Kabupaten Donggala (Ibu Kota Donggala)
  5. Kabupaten Morowali (Ibu Kota Bungku)
  6. Kabupaten Parigi Moutong (Ibu Kota Parigi)
  7. Kabupaten Poso (Ibu Kota Poso)
  8. Kabupaten Tojo Una-Una (Ibu Kota Ampana)
  9. Kabupaten Toli-Toli (Ibu Kota Toli-Toli)
  10. Kabupaten Sigi (Ibu Kota Bora)
Budaya yang ada di Kota Palu tidak begitu jauh beda dengan budaya-budaya di kota besar yang modern. Kebanyakan penduduknya sudah menggunakan budaya modern, walau masih ada juga yang tetap hidup berdasarkan budaya kaili. Suku Kaili merupakan suku yang ada di daerah ini. Kota Palu memiliki slogan "Nosarara Nosa Batutu" yang artinya Bersama Kita Satu. Saya tidak begitu tahu tentang asal muasal atau latar belakang yang sesungguhnya dari Kota Palu, namun saya cukup tahu secara garis besar tentang Kota Palu. Itu semua karena saya tinggal di daerah ini selama lebih dari 10 tahun. Bicara soal budaya atau suku, berarti mencakup baju daerah suku tersebut. Inilah gambar atau model baju daerah Kota Palu yang disebut dengan baju Nggembe


Kota Palu juga memiliki makanan khas yaitu Kaledo. Kaledo merupakan sum-sum atau iga tulang sapi yang diolah sedemikian rupa, sehingga menjadikan cita rasa dan juga makanan yang dapat menggugah selera para wisatawan maupun penduduknya. Berikut gambar makanan


Sekian artikel yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Oh ya, pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejaknya pada kolom komentar walau hanya ucapan terima kasih. Salam Blogger

Sumber : wikipedia.org dan google.com

Comments
0 Comments