Rabu, 09 Juli 2014

Perkembangan Teknologi


Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai perkembangan teknologi secara garis besarnya saja. Karena jika saya menulisnya panjang lebar, jari-jari saya akan kelelahan dan fatalnya bisa kriting (Just Kidding). Maksud saya, kalian dapat menemukan informasi tentang perkembangan teknologi yang lebih akurat dan lengkap di situs atau blog lainnya.
Dahulu kala, sesorang sangat sulit untuk menyampaikan sebuah pesan kepada satu sama lain karena perbedaan jarak yang sangat jauh. Jangankan untuk mengirimkan pesan, pergi dari satu tempat ke tempat lainnya pun sulit karena belum ada kendaran seperti sekarang ini. Karena dalam kehidupan manusia yang paling penting adalah komunikasi, maka yang pertama kali kita bahas yaitu tentang kemajuan teknologi komunikasi.

Kalian pasti pernah mendengar cerita tentang zaman dahulu kala yang mana setiap orang yang ingin mengirimkan surat, mereka menggunakan seekor burung merpati. Sampai sekarang pun, saya tidak tau asal muasal dari seekor burung merpati yang dijadikan sebagai media pengantar surat dan siapa yang menemukannya. Jika kalian ingin mengetahuinya, silahkan saja searching di google. Jangan seperti saya yang malas mencari informasi, hehehe. Baiklah kita lanjutkan. Seiring berkembangnya zaman, Alexander Graham Bell membuat sebuah penemuan yaitu pesawat telepon.


Walaupun tampilan, bentuk dan kondisi telepon tersebut sangatlah kuno. Namun tak bisa dipungkiri bahwa berkat penemuan itulah sekarang kita dapat menikmati Handphone yang begitu canggih dan sangat modern. Telepon yang dibuat oleh Alexander Graham Bell merupakan alat komunikasi pertama di dunia. Telepon tersebut pada awal mulanya belum bisa menjangkau ke berbagai daerah atau jarak yang begitu jauh. Namun dengan seiring berkembangnya zaman, telepon tersebut dapat terhubung ke seluruh dunia dengan menggunakan pemancar dan juga satelit.


Semakin maju dan terus maju. Kira-kira seperti itulah gambaran dari perkembangan teknologi saat ini dan selamanya. Contohnya saja pesawat telepon penemuan Alexander Graham Bell yang hanya bisa berkomunikasi secara lisan saja dan hanya ada dibeberapa tempat penting saja. Artinya, tidak semua orang memiliki pesawat telepon tersebut. Sekarang, pesawat telepon penemuan Alexander Graham Bell menjadi telepon rumah yang mana banyak dimiliki oleh setiap orang walaupun ada juga yang tidak memilikinya. Namun berkat penemuan Alexander Graham Bell yang hanya bisa berkominikasi secara lisan, tidak bisa dibawa kemana-mana, dan hanya dimiliki oleh beberapa orang saja karena keterbatasannya, muncullah yang namanya Handphone alias telepon genggam.


Handphone alias telepone genggam ini merupakan sebuah gadget dan biasa disebut dengan singkatan HP. Awal mula adanya HP, tentu saja bentuknya agak besar dan sulit dibawa kemana-mana. Walau begitu, HP ini dapat dibawa kemana-mana. Berbeda dengan pesawat telepon yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Akibat perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun ikut serta didalamnya. Dari HP yang bentuknya agak besar, lama-kelamaan menjadi kecil dan tipis sehingga semakin mudah dibawa kemana-mana. Fitur dan layanannya pun ikut berkembang, dari yang tadinya hanya bisa menelpon dan mengirim pesan singkat saja (SMS), sekarang sudah bisa mencari tau perkembangan dunia (browsing), berteman atau berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia (sosial media), dan masih banyak lagi.


Sosial media atau biasa disingkat dengan istilah sosmed inilah yang paling tren dikalangan anak muda zaman sekarang. Mulai dari anak TK, SD, SMP, SMA, bahkan para mahasiswa. Walau begitu, tak sedikit juga orang tua yang menggunakan sosial media ini. Namun ada perbedaan pemakaian dari kalangan anak muda dan orang tua, seperti online shop, bisnis, dll.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat saya bahas tentang perkembangan teknologi, namun saya bukanlah orang yang tepat untuk membahas masalah ini. Cukup sekian artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. oh iya, satu hal lagi. pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan jejaknya melalui komentar walau hanya ucapan terima kasih. Salam Blogger

Sumber : google.com

Comments
0 Comments