Jumat, 20 Juni 2014

Time To MOVE ON



Bagaimana cara untuk bisa Move On? Bagaimana cara agar bisa melupakan DIA? Pertanyaan-pertanyaan ini sering kita dengarkan setiap saat, terutama bagi yang baru putus dengan pasangannya. Yeah, tidak bisa di pungkiri lagi bahwa penyebab putus adalah GALAU dan cara mengatasinya yaitu MOVE ON. Namun banyak yang masih belum tahu bagaimana cara untuk bisa Move On. Kali ini saya akan berbagi kepada kalian agar bisa Move On dengan benar dan tetap menjadi diri kalian sendiri. Karena banyak orang yang mau Move On namun tidak berhasil karena mereka tidak menjadi diri sendiri dan mulai tidak percaya diri. Jadi bagaimana cara yang benar?

Move On bukanlah tentang MELUPAKAN. Kenapa bisa? Karena apa yang telah menyentuh di hati, tidak mungkin bisa terlupakan. Sebagai contoh makanan kesukaan kalian. Kalian bisa hidup tanpa memakannya dan bahkan tidak mengingatnya untuk sesaat, namun saat kalian ke warung/restaurant atau apalah itu, kalian pasti akan memesannya karena itu adalah makanan kesukaan kalian. Mantan pacar pun begitu, mana bisa melupakan orang yang nantinya pasti akan ketemu lagi. Semakin kalian berusaha melupakan dia, maka semakin sulit pula yang akan terjadi karena FOKUS kalian tentang melupakannya malah kembali lagi tentang dia. Mencari pengganti yang lebih baik agar bisa Move On juga kadang tidak berhasil karena FOKUS kalian masih tentang melupakan dia. Jadi Bagaimana?

Move On memang bukan tentang melupakan apalagi mencari pelarian, namun tentang menerima KENYATAAN bahwa dia telah pergi. Tak perlu menyalahkan atau bahkan membenci, karena CINTA bukan untuk saling benci apalagi balas dendam. Hargai keputusannya untuk pergi dan sadarilah, yang membuat kalian SAKIT HATI adalah Harapan kalian yang terlalu besar terhadapnya. Kalian terlalu Takut jalani hari esok tanpa dia disamping kalian. Dia memang indah. Tapi tanpa dia, Hidup kalian masih punya Arti. Hilangkan harapan dan ketakutan kalian yang begitu besar, dan jalanilah hari ini, esok dan seterusnya. Itulah langkah awal untuk Move On.

Saya yakin pasti ada yang akan berkata “Move On tidak semudah itu” atau bahkan “Move On tidak semudah yang kamu katakan”. Itu semua sebenarnya terjadi karena pemikiran kalian akan mencoba mencari 1001 alasan betapa tidak adilnya keadaan kalian saat ini yang teramat sangat parah dan menderita. Namun ingat kembali bahwa yang membuat kalian menderita yaitu karena harapan kalian sendiri. Jika kalian tidak berharap terlalu besar kepadanya, kepergiannya tidak akan mengganggu sama sekali. Namun karena kalian berharap sangat besar kepadanya, maka kepergiannya membuatmu Sakit Hati. Jika sakit hati kalian terjadi karena harapan kalian kepadanya, maka yang menjadi musuh kalian bukanlah kepergiannya melainkan PEMIKIRAN kalian. Nah, jika pemikiran kalian sendiri yang menyebabkan kalian sakit hati, maka tentu kalian bisa MENGENDALIKANNYA.

Kuncinya adalah FOKUS. Jika kalian memikirkan betapa sakit hatinya kalian terhadapnya yang membuat keadaan kalian begitu sesak seperti saat ini, maka FOKUS kalian masih tentang dia. Disisi lain jika kalian berusaha MELUPAKAN dia, maka kalian akan menemukan jalan buntu karena otak kalian memiliki memori yang tajam khususnya tentang dia yang dulunya teramat sangat dekat dengan kalian dan berhasil menyentuh hati kalian. Masih ingat tentang pembahasan makanan kesukaan di atas? Seperti itu pula yang terjadi pada dirinya. Di sisi lain lagi kalian mencoba mencari pelarian agar bisa melupakan dia sebagai tolak ukurnya, maka itu pun tidak akan berhasil karena FOKUS kalian masih tentang dia. Dan semua FOKUS tentang dia begitu amat sangat menyakitkan. Jadi bagaimana?

Jika FOKUS kalian tentang dia begitu sangat menyakitkan, maka lakukan APAPUN untuk mengalihkan dan mengarahkan arus pikiran kalian tentang dia kepada Aktifitas atau Kegiatan yang Lebih layak, Menarik dan Menyenangkan untuk kalian lakukan. Cara terbaik menghentikan arus pikiran yang mengalir begitu cepat adalah dengan Pergerakan (Movement). Kegiatan penuh pergerakan seperti hang-out bersama sahabat atau teman-teman, jalan-jalan, lari-lari, shopping (Bagi Wanita), dugem (Bagi yang masuk zona ini), nonton konser musik, liburan bersama keluarga atau olahraga akan amat sangat membantu kalian. Jika kalian tidak dapat melakukan kegiatan di atas karena harus berada di kamar sendirian, bacalah buku, main internet atau game, nonton tv, dengerin musik, atau telepon teman kalian. Buatlah diri kalian lelah agar harapan kalian tentang dia tidak menyusup kembali kedalam pemikiran kalian. Jika kalian harus bertemu dia di tempat kerja, kampus atau tempat lain, alihkan pandangan dan pikiran kalian dengan membaca buku, mendengarkan musik atau kegiatan lainnya. Apapun  itu, alihkan saja FOKUS kalian.

Saat awal, pasti akan terasa sulit dan berat. Tentu saja, itu hal yang sangat wajar. Namun jangan mengeluh dan lakukan saja. Just Do It. Bayi yang baru belajar berjalan juga merasa sulit dan berat di awal mulai, namun ia terlalu bodoh untuk berfikir apalagi mengeluh. Ia hanya akan terus melakukannya hingga ia dapat berjalan. Saat jatuh, ia bangun. Ia akan terus Move, Move, Move hingga ia dapat berjalan. Itulah arti sebenarnya dari kata Move On, yaitu Mulai Bergerak dan Terus Bergerak Hingga Berhasil walau awalnya terasa berat dan sulit.

Kebanyakan orang merasa Berat dan Sulit Move On karena mereka Hanya Memikirkan Cara Move On dan Mengeluh tanpa adanya Pergerakan. Jika terasa berat, Ya Lakukan Saja. Menjalankan memang tidak semudah membaca tulisan, namun langkah kecil kalian yang terasa berat, dapat menjadi ringan dan mudah karena Terbiasa. Namun mungkin, Move On juga memiliki makna yang lebih dalam daripada hanya sekedar melepaskan harapan, hadapi rasa takut, dan Move. Mungkin Move On juga ingin mengajarkan kita untuk lebih tulus memaafkan dan merelakan dia yang pergi meninggalkan perih di hati ini. Atau mungkin, Move On juga ingin menyadarkan kita bahwa cinta yang sesungguhnya bukanlah Cinta yang Penuh Harapan, Melainkan Cinta Tanpa Harapan. Dan jika memang cinta sesungguhnya tanpa harapan, maka siapapun yang bersama kalian dan meninggalkan kalian, kalian tidak perlu lagi sakit hati karena cinta kalian tanpa harapan. Namun ini bukan berarti kalian Cukup Bodoh untuk mau dipermainkan oleh mereka yang punya niat mempermainkan kalian. Kalian harus cukup jeli untuk Belajar membedakan mana cinta yang tulus, dan mana cinta yang hanya sekedar harapan palsu. Begitu kalian tahu bahwa cintanya tulus, berikan dia Cinta Tanpa Harapan

Cinta Tanpa Harapan? Bagaimana bisa? Setiap orang pasti punya harapan kepada kekasihnya. Inilah hal yang paling mengejutkan, karena saat kalian cukup dalam merenungkan hal ini maka kalian akan sadar bahwa cinta tanpa harapan sebenarnya adalah bentuk cinta dengan tingkatan nilai paling tinggi. Mengapa? Karena cinta tanpa harapan adalah bentuk Kepasrahan Total Kepada Tuhan, Sang Pencipta. Jika kalian sudah melakukan hal yang terbaik untuk memberinya cinta setulus mungkin namun semuanya Gagal Total, Mungkin itu Bukan Salah kalian atau Salah Dia. Mungkin itu memang Rencana Tuhan untuk membuat kalian paham akan Cinta, agar kalian Siap untuk Menyambut Jodoh Kalian yang Sesungguhnya. Semua kisah cinta kita, akan indah pada waktunya.

Move On. Jangan lagi di butakan oleh Harapan kalian, Mulailah melangkah walaupun terasa berat dan sulit. Melangkahlah maju, Kenanglah masa lalu dan jadikan ia sebagai pembelajaran. Pengalaman adalah Guru Kita yang Paling Berharga dalam hidup kita.


Semoga artikel saya kali ini dapat membantu kalian. Terima kasih telah mengunjungi Blog saya dan Mohon tinggalkanlah Komentar kalian, karena komentar kalian begitu berarti dalam pengisian blog ini kedepannya. Terima Kasih

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: